Sabtu, 29 Mei 2010

PDAM Benahi Pipa Dalam Kota

ENREKANG -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Enrekang melakukan pembenahan jaringan pipa distribusi air. Sasaran awal jaringan pipa dalam kawasan Kota Enrekang.

Direktur PDAM Enrekang, Abdul Saman Bompeng, Kamis 27 Mei menjelaskan, pipa distribusi yang selama ini difungsikan sudah berumur di atas 30 tahun sehingga gampang bocor atau pecah. Karena itu semua jaringan dalam kota diganti dengan pipa baru.

"Pergantian pipa jaringan distribusi ditargetkan rampung tahun ini. Dengan demikian pelayanan PDAM diharapkan tidak terganggu lagi dengan seringnya terjadi pipa bocor," ujar Saman Bompeng seraya
menambahkan, proyek pergantian pipa distribusi air tersebut ditangani Dinas Pekerjaan Umum (PU) Enrekang.

Sebelumnya, Abdul Saman mengungkapkan, sampai saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang belum berencana menaikan tarif PDAM. Pemkab bertekad terus meningkatkan pelayanan lebih dulu.
Setelah pelayanan dinilai sudah maskimal menurut dia, pemkab selanjutnya memikirkan penyesuaian tarif.

Terpisah Kepala Bidang Pengairan dan Irigasi Dinas PU Enrekang, Abdul Hafid mengungkapkan anggaran yang digunakan dalam pembenahan jaringan pipa distribusi air dalam Kota Enrekang itu mencapai Rp 9 miliar.

Selain dalam kota lanjutnya, jaringan perpipaan di Maroangin Kecamatan Maiwa juga mendapat anggaran Rp 1.3 miliar. "Total anggaran pembenahan pipa distribusi di dua kota ini mencapai Rp 11 miliar. Namun dalam kontrak hanya Rp 10.3 miliar," jelas Abdul Hafid. (fajar)

Tidak ada komentar: