Jumat, 09 April 2010

Eks Restoran Nikita Zuka Layak Jadi Museum

ENREKANG -- Budayawan Sulsel yang juga putra Bumi Massenrempulu, Udin Palisuri angkat bicara terkait desakan tokoh adat Kabupaten Enrekang agar pemerintah daerah menyiapkan museum daerah.
Kepada Fajar, Kamis, 8 April, Udin memastikan keberadaan museum bisa menjadi kebanggan tersendiri Kabupaten Enrekag dalam menjaga nilai-nilai budaya dan sejarah yang dimiliki.

Tidak bisa dipungkiri, kata Udin Palisuri, Kabupaten Enrekang kaya dengan tradisi dan budaya serta sejarah yang layak ditampilkan di museum daerah. "Kita juga punya banyak pahlawan, punya banyak legenda kerajaan yang membanggakan, itu semua harus ditampilkan dalam museum," ujar Udin Palisuri.

Museum ini, kata Udin cukup penting dan tidak hanya sebagai tempat untuk menyimpan benda-benda purbakala tapi museum itu mampu bercerita kepada generasi mendatang.
"Makanya sudah saatnya Enrekang memikirkan tempat museum daerah, agar ceritera soal pahlawan dan sejarah kita, tetap dikenal oleh generasi kita yang akan datang," tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Enrekang, Chairul Latanro mengatakan, selain eks ruang pola kantor lama bupati, salah satu aset milik Pemda yang layak dijadikan museum daerah yakni eks restoran Nikita Zuka.

Bangunan ini dinilai layak karena tempatnya yang cukup strategis di pinggir poros Enrekang Toraja, tepatnya di Kampung Massemba Kota Enrekang. Jika ini dijadikan museum, lanjut Chairul, maka sangat representatif karena pemerintah daerah berencana menjadikan bangunan ini sebagai tempat memajang potensi-potensi yang dimiliki Kabupaten Enrekang.

"Pada dasarnya bagian aset mendukung soal rencana ini, apapapun keputusan pimpinan itulah yang akan kami jalankan. Kami hanya menunggu perintah atasan, kalau bagian aset dipanggil duduk bersama, maka tentu akan ada solusi yang kita dapatkan," tandasnya. (fajar)

Tidak ada komentar: